Kincir Air Salah Satu Peralatan Yang Penting Bagi Pemadak/Petani Tambak Garam ( Pembuat Garam )

Lengkong,12 juli 2020 di wilayah Desa Lenggkong  Kecamatan petani Garam menggunakan kincir air buatan untuk menaikan air dari sungai ketambak atau di selokan ke meja garam.Hal ini  mudah dilakukan para petani  garam untuk membuat sendiri kincir air karena bahan yang digunakan dari kayu terutama kayu kalimantan yang mudah didapat.

Kincir air  adalah alat bantu petani yang sangat meringankan  beban pekerjaan karena kincir air beputarnya digerakkan oleh angin, karena musim kemarau angin bertiup dari arah Timur Laut menuju Barat Daya, sehingga kincir angin terus-menerus  berputar tanpa ada hentinya menggerakakn kincir air yang bisa membawa air dari selokan menuju ke meja garam atau dari sungai menuju ke dalam tambak garam.

Kebanyakan para petani garam setiap tam bak paling sedikit  mempunyai kincir air 1 unit, tetapi ada yang punya 2 unit.Biarpun sekarang sudahngganti ada pengganti kincir air yaitu diesel pompa air  atau alkon,namun kincir air merupakan peralatan yang murah dari segi pembiayaan dan efisien dari segi perawatan.

Kincir air dapat dibuat sendiri  oleh petani garam sendiri tidak perlu susah membuatnya.Hal ini dapat dilihat setiap petambak garam mempuyai satu atau dua unit.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan