Pemasangan Papan Peringatan Penebangan Hutan Mangrove Desa Lengkong Batangan Pati

Lengkong, Sabtu 11 juli 2020.

Desa Lengkong mempunyai sepadan pantai sepanjang 2,5 km , posisi pantai sebelah Utara Desa Lengkong berada di pantai Laut Jawa, namun ada tananam tanaman mangrove yang sebagian ada kerusakan Mangrove disebabkan karena Abrasi Pantai. Pada waktu  ini Dinas Kelautan dan Perikanan  Kabupatan Pati membuat Papan Peringatan.

Berkaitan keberadaan Mangrove bagi warga yang merusak/menebang pohon Brayo ( Avicennia sp) dan Tanjang ( Rhizofora Sp_) akan dikenakan sangsi berupa hukuman kurungan maupun denda,  dalam Pengumuman teratera Pidana Penjara selama 2 tahun dan paling lama 10 tahun.

Dan denda Rp2.000.000.000; ( Dua Milyar Rupiah) dan paling banyak Rp 10.000.000.000; (Sepuluh Milyar Rupiah ) bagi penebang/merusak mangrove dan yang membuka lahan baru diarea tanah timbul untuk  dijadikan tambak baru, sesuai UU No. 27 Tahun 2007 jo UU No.01 Tahun 2014 .

Papan Peringatan

 

Dengan adanya papan larangan ini diharapkan masyarakat tahu dan sadar ancaman bagi mereka yang menebang atau merusak tanaman mangrove, sehingga tanaman mangove kedepan dapat hidup subur dan dapat di maatkan anak cucu kita dikemudian hari.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan