Penguatan Fungsi Kelembagaan Pemerintah Desa Melalui Pelatihan

Lengkong, Selasa 7 Juli 2020.

Bertempat di Pati hotel diselenggarakan Pelatihan Kelembagaan Pemerintah Desa yang di ikuti Koordinator KPMD dari tiap-tiap Desa seluruh Desa di Kabupaten Pati.

Secara umum KPMD  bertugas menumbuhkan dan mengebangkan ,serta menggerakkan prakarsa partisipasi dan swadaya gotong-royong ( Permendes N0.3/2015, Pasal18 ). Mengikutan  pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat  Desa.

Mengumpulkan data-data yang diperlukan sebagai dasar penyusunan perencanaan Pembangunan Desa. Menyebarluaskan dan mensosialisasikan program-pragram Pembangunan  Desa

Memastikan terlaksannya tahapan kegiatan Program Pembangunan Desa. Mendorong dan memastikan  penerapan  transparasi dan akuntabilitas setiap tahapan Program Pembangunan, mulai perencanan, pelaksanaan pertanggungjawaban dan pelestarian.

Mengikuti pertemuan Forum KPMD.  Membantu  dan memfasilitasi proses penyelesaian masalah perselisihan Desa.

Mengefektifkan penggunaan papan informasi Desa. Mendorong masyarakat  untuk berperan serta dalam pelaksanaan kegiatan, termasuk pengawasan.

11.Menyosialisasikan sanksi dan  keputusan  lainnya yang ditetapkan dalam  musyawarah antar desa dan musyawarah musyawarah desa kepada masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan